Wednesday, October 5, 2011

Fenomena-Fenomena Kejadian Alam
Referensi : Buku IPS kelas 4 SD
Pendahuluan
Apakah pernah terjadi banjir di daerahmu ? Apakah kamu juga pernah mengalami letusa gunung berapi ? Bagaimana degan gempa bumi ? Selain berhadapan dengan kenampakan-kenampakan alam, kita juga sering menghadapi gejala” alam , misalnya : gempa bumi, angina topan , gunung berapi, dan banjir .
Mengapa semua gejala alam itu terjadi ? Bagaimana manusia harus menghadapinya ? Dapatkah manusia mencegahnya ? Kita akan mempelajari gejala” alam dalam uraian berikut .
Latar Belakang :
Peristiwa-peristiwa alam tersebut sangat berpengaruh bai kehidupan social masyarakat . Bencana alam dapat menimbulkan kerugian materi dan dapat juga merenggut korban jiwa. Peristiwa yang terjadi dapat mempengaruhi kehidupan social . peristiwa tersebut juga berpengaruh terhadap lingkungan alam . Di wilayah Indonesia , umumnya terdapat gunung berapi saat gunung itu meletus maka sisa-sisa letusan yang berupa abu Vulkanik menyebabkan tanh disekitar lereng gunung menjadi subur, oleh karena itu disekitar lereng gunung banyak terdapat lahan pertanian da perkebunan . Indonesia hanya memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau .
Tujuan
Pada musim hujan , banyak daerah dilandabanjir , akibatnya roda perekonomian masyarakat pun terhenti .banjir dapat menyebabkan tingkat kesehatan dan kesejahterraan masyarakat menjadi menurun . pada musim kemarau banyak wilayah pertanian di Indonesia yang mengalami kekeringan , seperti di area persaawahan ,akibatnya petani  tidak dapat memproduksi padi( gagal   panen ). Olweh karena itu perlu peran serta semua pihak untuk mengantisipasi terjadinya bencana , sebab peraan dan tanggung jawab bersama merupakan solusi yang tepat bagi permasalahan social akibat bencana alam .
Metode Berdasrkan : Pustaka  dari buku IPS kelas 4 sd
Isi Materi
  1. 1. Gempa bumi
Salah satu peristiwa alam yang bias terjadi sewaktu-waktu adalah gempa bumi. Gempa bumi bias disebubkan oleh aktivitas gunung berapi namanya gempa vulkanik . gempa juga bias disebabkan oleh pergeseran suatu lepeng bumi namanya gempa tektonik ,
Gempa bumi menyebabkan banyak kerusakan , rumah-rumah dan bangunan bias hancur . gempa bumi menyebabkan orang kehilangan harta benda , gempa juga membuat orang meninggal karena tertimbun reruntuhan bangunan .
  1. 2. Gunung Meletus
Gunung api masih aktif bisa meletus sewaktu-waktu ketika meletus , gunung apui mengeluarkan magma, batuan-batuan ,kerikil, abu dan gas . magma adalah cairan sangat panas yang terdapat di dalam perut bumi , magma yang keluar dari prut bumi disebut Lava . Batuan-batuan  yang imuntahkan gunung berapi terbentuk dari lava yang membeku. Kerikil yang dimuntahkan ketika gunung api yang paling kecil aalah abu halus .
  1. 3. Banjir
Banjir adalah air yang mengalir dan meluap dalam jumlah yang sangat besar, banjir dapat menggenangi daerah-daerah yang dilaluinya . banjir juga dapat disebabkan oleh kebiasaan buruk manusia , misalnya kebiasaan membuang sampah ke sungai atau ke selokan air.  Sampah tersebut menyumbat aliran air .,akibatnya air meluap dari sungai atau selokan dan menggenangi permukiman penduduk. Kita harus membiasakan diri untuk menaruh sampah pada tempatnya , jangan membuang sampah ke sungai atau selokan .
Kesimpulan
Jadi kita harus membisakan diri untuk menaruh sampah pada tempatnya , jangan membuang sampah ke sungai atau selokan . jangan lupa sebelum membuang smpah , kita harus memisahkan terlebih dahulu sampah plastic dari sampah bukan plastic .

No comments:

Post a Comment